Sabtu, 06 September 2014

Penyakit Kanker Dapat Dideteksi Secara Dini Dengan Tes Darah


Sampai saat ini penyakit kanker masih dianggap sebagai momok yang mematikan. Tercatat, penyakit ini merengggut banyak korban, disamping penyakit jantung. 

Disamping membutuhkan perawatan yang intesif dan memakan waktu ( dan tentu saja –biaya ), repotnya penyakit kanker ini cukup sulit untuk dideteksi secara dini
Karena itulah para ilmuwan berusaha menjawab kesulitan ini. 

Sebagaimana dilansir dari BBC, para peniliti di Imperial College London telah berusaha melakukan identifikasi untuk melihat kaitan kuat antara kanker dan perubahan molekuler pada gen sel darah putih. Mereka mengatakan telah selangkah lebih dekat untuk mengembangkan suatu tes darah guna mengidentifikasi apakah seorang wanita mempunyai kemungkinan akan mengidap penyakit kanker payudara dalam hidupnya di kemudian hari. 

Salah satu peneliti, Dr James Flanagan, mengatakan bahwa penemuan tersebut sangat penting untuk penanganan penyakit kanker dan diperlukan pengembangan lebih lanjut. 
"Apa yang kami cari, apa yang telah kami temukan adalah satu gen. Kami ingin menemukan di seluruh genom berapa banyak yang bisa mempengaruhi risiko dan merangkum semua informasi ini secara keseluruhan," kata Dr James Flanagan. 

Menurutnya, dari informasi tersebut akan disusun dalam bentuk sebuah model komputer sehingga bisa diteruskan kepada pasien apakah ia menghadapi risiko kanker yang rendah atau tinggi. 

Kanker terkait dengan gaya hidup 

Dalam penelitian tersebut, para ahli juga mendapat kesimpulan, timbulnya penyakit kanker juga berkaitan erat dengan gaya hidup yang dijalani seseorang. 

Para peneliti telah melakukan analisa sampel darah terhadap sejumlah 1.380 wanita dari berbagai kelompok umur. Dan didapatkan bahwa wanita menunjukkan perubahan gen paling tinggi tercatat dua kali lipat kemungkinan mengalami kanker. 
Sebanyak 640 di antara mereka mengalami kanker payudara. 
Menurut para peneliti, dengan mengidentifikasi wanita yang berisiko pada tahap dini bisa membantu mereka mengubah gaya hidup guna mencegah penyakit atau meningkatkan peluang mengalahkan penyakit itu. 

Untuk melihat keterkaitan antara penyakit kanker dan gaya hidup dapat dilihat dibawah ini : 

Selanjutnya mereka juga mengatakan bahwa pemeriksaan darah sederhana ini bisa tersedia dalam beberapa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar