Sabtu, 20 September 2014

Kembalikan Kemampuan Penderita Stroke Dengan Bernyanyi


Jika kebetulan ada yang menderita stroke, coba ajaklah ia bernyanyi. 
Lho, kok ? 
Orang sakit stroke malah diajak bernyanyi. Padahal orang yang terkena stroke pada tingkatan tertentu, mau bicara saja sudah cukup susah. Apalagi bernyanyi. 
Nah itu dia. 

Bernyanyi ternyata memang segudang khasiatnya. 
 Jika pada artikel sebelumnya mungkin sudah pernah membaca uraiannya bahwa bernyanyi sangat bermanfaat untuk terapi mengembalikan ingatan. 
Jika belum sempat baca, bisa dibaca dulu dibawah ini : 

Dan temuan terbaru dari sebuah penelitian menambah daftar panjang dari manfaat bernyanyi ini. 
Di sebuah rumah sakit di Negara Inggris telah melakukan penelitian dengan menggunakan “kekuatan lagu” guna membantu para pasien penderita stroke dalam mengembalikan dan meningkatkan kemampuan bicara mereka. 

Sebagaimana diketahui, bahwa akibat yang bisa diderita oleh orang yang stroke, disamping bisa mengalami berkurangnya kemampuan motorik atau gerak ( atau bahkan lumpuh total ), juga bisa mengalami berkurangnya / kehilangan kemampuan dalam berbicara ( Jawa : menjadi “Pelo” ). 

Karena itulah para petugas medis di Rumah Sakit Princess Alexandra Hospital di Harlow Inggris tersebut mendorong para pasien penderita stroke untuk bernyanyi sebagai salah bagian dari terapi pemulihan kemampuan. 
Hipotesa yang mendasari terapi ini adalah ketika seseorang berbicara maka ia akan menggunakan belahan otak bagian kiri. Sedangkan ketika bernyanyi, malah sebaliknya. Yang digunakan adalah bagian otak sebelah kanan. 

Karena itulah dengan bernyanyi dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan linguistik ( berbicara ) para penderita stroke yang berkurang. 

Dari kesaksian salah seorang pasien stroke, Angela mengatakan, ia mendapatkan keuntungan dari proyek “bernyanyi “ ini. 
Angela mengaku lebih mudah baginya untuk mengungkapkan kata-kata dengan bernyanyi ketimbang saat berbicara. 

Sedangkan menurut salah Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan: 
''Banyak penderita stroke kehilangan kemampuan berbicara atau kemampuan mereka untuk bercakap sepenuhnya.'' 
''Bagaimanapun, kami mencoba sebuah teknik yang membuat mereka berkomunikasi dengan bernyanyi.'' ''Dengan menggunakan bagian lain otak, yang membantu mereka untuk membangun kembali fungsi berbicara mereka.'' 

Patsy Simons, seorang perawat spesialis stroke mengatakan: 
''Anda sering menemukan pasien stroke yang kehilangan kemampuan berbicara bisa dengan secara alami mengeluarkan kata-kata dengan bernyanyi, itu keluar secara alami.''

Tidak ada komentar:

Posting Komentar