Jumat, 19 September 2014

Ingin Langsing ? Bekerjalah Sambil Berdiri


Ada kabar buruk lagi bagi para wanita yang bekerja di kantoran namun menginginkan tubuh langsing. Selama ini memang sudah umum diketahui bahwa bekerja dengan terlalu banyak duduk sangat tidak baik bagi kesehatan.
Terutama sangat rentan terkena serangan penyakit kencing batu, terlebih jika ditambah kurang minum air putih. 
Dan kini akibat buruk dari bekerja sambil terus menerus duduk ini, makin bertambah lagi. 

Sebab hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa orang bekerja dengan terlalu banyak duduk sangat rentan terhadap terjadinya kenaikan berat badan alias kegemukan
Karena itu, jika ingin langsing, para wanita yang selama ini bekerja di kantoran – yang duduk di belakang meja sepanjang hari – singkirkan sebentar kursi anda, dan pertimbangkan lah untuk mulai bekerja dengan berdiri. 

Dr. John Buckley dari Universitas Chester menyatakan bahwa berdiri selama tiga jam setiap hari dapat membakar 3,6 kg lemak setiap tahun. 
"Kita tidak perlu duduk sepanjang hari," kata Dr Buckley. 
Siapa saja yang merasa berat badan bertambah sesudah liburan harus mempertimbangkan bekerja sambil berdiri, kata Dr Buckley. 

Dr Buckley menggunakan sebuah “meja berdiri” untuk bekerja yang diyakini dibuat pada tahun 1940an. Sebagaimana diketahui, ada konstruksi meja komputer yang memang dibuat khusus bagi mereka yang menginginkan bekerja sambil berdiri. Seperti ketika menulis email, dan sebagainya. 
Namun jika belum bisa menemukannya, bisa digunakan sebuah meja tua yang ditambah tinggi kaki-kakinya sehingga sesuai dengan tinggi tubuh pemakainya saat berdiri. 

Dengan bekerja sambil berdiri, disamping bisa membakar lemak, juga sering disebut dengan posisi tegak. Istilah Posisi tegak ini dirintis oleh Ernest Hemingway, yaitu seorang seniman – sastrawan yang karya prosa-prosa kuatnya sesuai dengan pendekatan fisiknya saat menulis. 
"Menulis dan bepergian tidak hanya memperluas pikiran anda, tetapi juga bokong anda dan saya suka menulis sambil berdiri," kata Hemingway dalam sebuah surat yang ditulisnya pada 1950. 

Dr Buckley yang juga bekerja pada departemen sains klinis dan nutrisi, selanjutnya mengatakan bahwa beralih dari kursi ( bekerja dengan duduk sepanjang hari ) ke bekerja sambil berdiri akan mengurangi obesitas dan meningkatkan sirkulasi darah. 
Ia mencontohkan dengan berdiri selama tiga jam akan memakan 144 kalori. 

Menurut Dr. Buckley, sepanjang hidupnya, manusia sepertinya telah terlalu banyak duduk. 
"Orang duduk di tempat kerja, kemudian duduk di mobil kemudian duduk di depan televisi," kata Dr Buckley. 
"Tingkat metabolisme anda jatuh ke angka minimal. 
"Hal itu tidak alami. Manusia dirancang untuk berdiri dan terus bergerak." 

Beberapa laporan memperingatkan mengenai bahaya kurangnya bergerak
Sebelumnya memang ada sebuah laporan penelitian yang membuat kaitan kuat antara duduk terlalu lama dan meningkatnya risiko diabetes. 
Sedangkan Studi lainnya memperingatkan bahwa gaya hidup yang minim gerak dapat mengakibatkan risiko kematian yang sama dengan merokok. 

Dr Buckley mengatakan perubahan kecil di tempat kerja dapat membuat kemajuan jangka panjang. 
 "Yang penting adalah perubahan-perubahan kecil dalam perilaku...seperti berdiri di meja anda dapat membuat perubahan besar dalam hidup anda," katanya. 
Simak juga, cara untuk langsing yang lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar