Jumat, 21 November 2014

Manfaat Lain Operasi Pelangsingan Bisa Hilangkan Diabetes Tipe-2


Kelebihan berat badan atau kegemukan atau obesitas, merupakan “satu masalah besar” bagi kaum wanita pada umumnya. Meski bukan berarti tidak bisa tampil menarik, jika mau jujur, wanita yang gemuk ( umumya ) "point-nya begitu turun" di mata pria. Bahkan terkadang jadi bahan olok-olokan. 
Belum lagi dengan segudang resiko masalah kesehatan yang bisa menyertai pada orang-orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan. 

Karena itulah, kebanyakan wanita akan berusaha “mati-matian” jangan sampai mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan. 
Berbagai cara dilakukan. Mulai dari diet habis-habisan atau latihan olah raga secara marathon. 
Namun karena masalah kelebihan berat badan memang dapat disebabkan oleh banyak faktor, terkadang cara-cara konvensional seperti di atas tidak lagi mempan. 
Karena itulah kemudian terkadang dipilih jalan yang lebih cepat, operasi pelangsingan

Masalahnya adalah, banyak rumor yang berkembang bahwa operasi pelangsingan akan mempunyai dan berdampak pada kesehatan tubuh ( lainnya ). 
Benarkah rumor tersebut ? 
Karena itu untuk mendapat pengertian yang sedikit lebih mendalam, ada baiknya jika menyimak apa yang disampaikan oleh para ahli setelah melakukan riset tentang masalah tersebut. 

Beberapa waktu lalu, para ahli kesehatan di Inggris telah melakukan suatu studi dalam skala luas untuk pertama kalinya guna meneliti dampak operasi pelangsingan terhadap kesehatan tubuh pasien. Berdasarkan studi yang di lakukan, para ahli kemudian mengklaim melihat adanya manfaat dari operasi pelangsingan dalam mengurangi kasus penyakit diabetes tipe-2 dan beberapa gangguan kesehatan lainnya. 

Studi yang dilakukan oleh Register Bariatrik Nasional itu pada intinya menyimpulkan bahwa operasi pelangsingan sangat bermanfaat dan sepadan dengan biayanya. 
Operasi pelangsingan tidak hanya bermanfaat agar sekedar pasien yang lebih langsing saja. 

Laporan yang dibuat para dokter ahli bedah secara rinci mengungkapkan dampak sekitar 1400 kasus operasi pelangsingan - atau prosedur bariatrik- yang kerap disertai dengan upaya mengencangkan saluran pencernaan, dari total sekitar 10 ribu kasus operasi yang dilaksanakan di Inggris. 
Laporan tersebut juga memperingatkan bahwa obesitas ( kegemukan ) merupakan ancaman yang besar serta menjadi beban bagi masyarakat dimana upaya pencegahan saja tidaklah cukup. 

Data yang didapat, sebelum melakukan operasi pelangsingan, lebih dari seperempat pasien merupakan pengidap penyakit diabetes tipe-2. 
Namun setelah setahun sesudah menjalani operasi pelangsingan setengah dari pasien tersebut menunjukkan tanda bahwa penyakit diabetes yang diidapnya sudah hilang

Disamping itu, didapati adanya satu kemajuan dimana tekanan darah para pasien lebih membaik serta mendapatkan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti naik tangga. 
Karena itu kelompok dokter bedah yang menulis laporan ini menyatakan operasi pelangsingan benar-benar bermanfaat untuk kesehatan. 

Lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar