Selasa, 18 November 2014

Hati-Hati, Mengobati Pilek Dengan Antibiotik Bisa Sebabkan Resistensi


Obat apa yang anda gunakan ketika terserang pilek
Selama ini banyak orang yang mengira dan berfikir bahwa antibiotik merupakan obat pilek yang paling tepat. Sebab pilek pada umumnya disebabkan oleh adanya aksi virus atau bakteri. 
Anggapan seperti ini juga dianut oleh sebagian masyarakat Inggris. 

Sebagaimana yang dikutip dari laman BBC, dari data yang berhasil dikumpulkan Dinas Kesehatan Masyarakat Inggris menyatakan tentang adanya sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa 40% orang ( di Inggris ) berpikir bahwa antibiotik akan membantu luka lendir berwarna kehijauan karena pilek, sementara bila lendir berwarna yang bening, obat antibiotic tidak banyak membantu. 
Padahal timbulnya warna hijau pada dahak dan ingus sebenarnya merupakan hasil dari protein yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang sedang terjadi. 

obat pilek antibiotikKarena itu Dinas Kesehatan Masyarakat Inggris dan Royal College of General Practitioners mengatakan karena gejala ini sering disebabkan oleh virus maka penggunaan obat antibiotic untuk melawan pilek justru dapat menyebabkan terjadinya resistensi
Meminum antibiotik dapat mempengaruhi triliunan bakteri yang secara alami hidup di dalam tubuh manusia dan dapat menyebabkan resistensi. 

Para dokter dan ahli kesehatan publik di Inggris juga menyatakan bahwa untuk mengobati penyakit pilek dan hidung berlendir tidak harus menggunakan antibiotik
Sebagaimana yang dinyatakan oleh Dr Cliodna McNulty, dari organisasi tersebut, mengatakan: 
"Ini adalah mitos yang berlaku bahwa siapa pun yang beringus hijau atau bening membutuhkan antibiotik untuk bisa sembuh. 
"Sebagian besar infeksi yang menghasilkan banyak dahak dan ingus adalah penyakit karena virus dan akan membaik dengan sendirinya meskipun sebelum itu anda akan merasa cukup buruk selama beberapa minggu. "Masalah resistensi terhadap antibiotik bisa tumbuh. Setiap orang dapat membantu dengan tidak menggunakan antibiotik untuk pengobatan infeksi yang tidak rumit." 

Sementara itu Dr Maureen Baker, ketua Royal College of General Practitioners, mengatakan: 
"Terlalu sering menggunakan antibiotik merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. 
"Infeksi beradaptasi dengan antibiotik yang digunakan untuk membunuh mereka dan akhirnya dapat membuat pengobatan tidak efektif. Karena itu penting untuk menggunakan antibiotik dengan tepat." 

Simak juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar