Senin, 24 November 2014

6 Bahan Makanan Yang Sangat Bermanfaat Untuk Melawan Kebotakan


Sebenarnya ada banyak hal yang dapat mempengaruhi dan memicu terjadinya masalah kebotakan. Dan, stress merupakan salah satu faktor yang dituding sebagai penyebab yang paling dominan. 
Namun jika ditinjau dari mekanismenya, penyebab utama dari timbulnya masalah kebotakan yang sebenarnya adalah karena adanya produksi salah satu hormon tubuh yang berlebih, yang disebut dengan hormon Dihidrotestoteron ( DHT )
Bahkan menurut catatan medis 95 % kasus kebotakan disebabkan oleh hormon DHT ini. 
Dan karena hormon ini pula, maka masalah kebotakan relatif lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Namun tidak berarti kaum wanita tidak bisa mengalami masalah kebotakan. 

Masalah kebotakan selalu diawali dengan masalah kerontokan rambut. 
Ketika kerontokan meluas dan permanen, jadilah kebotakan. 
Hal ini bisa terjadi karena ketika produksi hormon DHT berlebih, maka hormon ini akan menghalangi dan menghambat aliran darah dan nutrisi ke sel penerima folikel rambut. 
Akibatnya, rambut menjadi merana karena kurang nutrisi. Menjadi lemah, menipis, mati dan akhirnya terjadi kerontokan rambut. 
Lihat juga : 

Karena masalah kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan dominan disebabkan oleh aksi hormon DHT ini, maka untuk melawan masalah kebotakan, intinya adalah dengan menjaga agar produksi hormon DHT ini jangan sampai berlebih. 
Dan untuk menjaga produksi hormon DHT ini jangan sampai berlebih, ada beberapa bahan makanan yang ampuh digunakan untuk tujuan ini. 

Dan 6 Bahan Pangan yang sangat bermanfaat Untuk Melawan ( DHT ) Kebotakan

1. Kedelai 
Kedelai bermanfaat untuk melawan kebotakan sebab pada kedelai terdapat kandungan isoflavon yang bersifat sebagai pemblokir hormone DHT. Antara lain dengan menurunkan kolesterol jahat yang memproduksi enzim 5-Alfa Reduktase

2. Minyak biji labu 
Kandungan dalam minyak biji labu dapat menghambat pembentukan DHT dengan menahan laju pembentukan enzim 5-Alfa Reduktase. Minyak biji labu terutama sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kebotakan karena factor usia. 

3. Sayur-sayuran yang berdaun hijau 
Sayuran berdaun hijau efektif untuk tujuan ini. Sebab sayuran hijau umumnya mengandung Seng yang merupakan bahan pemblokir DHT alami. 

4. Jelatang 
Pada jelatang mengandung fitosterol yang dapat menghambat produksi DHT. 

5. Minyak Emu 
Dalam minyak Emu terkandung Asam Linoleat dalam jumlah yang cukup tinggi. Dan Asam ini ini merupakan zat antiandrogenic yang efektif. Asam Linoleat merupakan penghambat pembentukan DHT. Lebih jauh, disamping menghambat produksi DHT, minyak Emu juga dapat menyuburkan rambut. 

6. Teh hijau atau green tea 
Selain berkhasiat mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh, green tea juga merupakan bahan penghambat DHT alami. 

Lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar