Minggu, 09 November 2014

Jika Pada Mata Bayi Ada Sinar Putih, Apa Artinya ?


Jika melihat mata kucing, terutama pada waktu malam hari, maka akan terlihat adanya sebuah “sinar putih” ( terkadang kekuningan ) tepat di tengah matanya. Sehingga ketika mata kucing dengan sinar putih seperti ini seolah diselimuti aura eksotis sedikit magis. 

Tetapi ketika melihat sinar putih seperti ini pada mata bayi, anda, para ibu muda selayaknya waspada dan hati-hati. Sebab bisa jadi adanya titik putih yang terlihat di bola mata bayi merupakan pertanda awal adanya penyakit kanker mata. 
Penyakit kanker mata seperti ini disebut Retinoblastoma
Meski jarang dijumpai namun biasanya terjadi pada balita. Dan seandainya tidak dilakukan perawatan yang memadai pada tahap awal maka pada gilirannya, bayi bisa kehilangan matanya. 

Menurut para ahli medis, pertanda awal dari Retinoblastoma yang paling umum adalah munculnya satu 'sinar putih' atau titik putih di bola mata bayi, dimana jika diperhatikan sangat mirip dengan adanya sinar di tengah-tengah mata kucing. 

'Sinar putih' ini dapat muncul akibat dipicu oleh adanya refleksi sinar dari tumor yang tumbuh di dalam mata bayi. 
Karena itulah para pemerhati penyakit Kanker, saat ini sedang getol mengkampanyekan bahaya Retinoblastoma, dan memberitahukan langkah-langkah apa saja yang bisa diambil oleh para orang tua untuk mendeteksi secara dini penyakit ini. 

Dari data yang telah didapat, dari sejumlah balita yang mengalami – sinar putih - penyakit kanker mata ini, 98 persen-nya dapat kembali menjadi sehat ketika mendapatkan perawatan dariawal. Sedangkan, pada kasus karena tidak adanya deteksi didni dan keterlambatan perawatan, jumlah bayi yang harus terpaksa kehilangan matanya bisa mencapai 80 persen. 
Meski penyakit kanker mata seperti ini masih jarang dijumpai, namun menurut catatan, sebagai contoh di Inggris tercatat satu dari 20 ribu bayi yang lahir tiap tahunnya mengalami Retinoblastoma. 

Ketika sang bayi terdeteksi mengalami Retinoblastoma, para dokter atau pihak medis biasanya akan melakukan perawatan Kemoterapi, dengan prosentase keberhasilan yang cukup tinggi. 
Meski metode penghilangan kanker ini memiliki beberapa efek samping diantaranya berupa terjadinya kerontokan rambut dan atau kekeringan kulit. 
Namun efek samping ini sepertinya lebih baik bila dibandingkan harus kehilangan bola mata. 

Karena itulah mengingat bahaya dari – sinar putih -, Retinoblastoma ini tidak ada salahnya jika para ibu ( muda ) lebih berhati-hati dan waspada. 
Lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar