Kamis, 20 November 2014

Apa Kata Para Ahli Tentang Mitos Vitamin D Bisa Cegah Pilek ? Ini Komentarnya


Selama ini di masyarakat umum terdapat sebuah anggapan – yang mendekati mitos – bahwa Vitamin D dapat dapat mencegah timbulnya pilek. Karena itulah – kaitannya dengan pencegahan timbulnya pilek – mereka menyarankan agar berjemur di bawah sinar matahari. 
Sebab sebagaimana diketahui, vitamin D, selain bisa didapat dari beberapa bahan pangan tertentu seperti minyak ikan dan telur, sebagian besar kebutuhan tubuh akan vitamin D memang didapatkan oleh kulit dari sinar matahari. Tidak dipungkiri, sinar matahari dan vitamin D memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Tetapi kaitannya dengan hal di atas, benarkan vitamin D dapat mencegah timbulnya pilek

Para ahli akan menjawabnya. Satu tim peneliti yang berasal dari Selandia Baru telah melakukan sebuah ekperimen tentang hubungan vitamin D dan pilek
Untuk tujuan ini, tim meneliti 322 orang responden. Yang hasilnya kemudian dimuat didalam Jur```Asosiasi Medis Amerika. 
Dalam penelitian tersebut dilakukan dengan cara 161 orang diberi vitamin D setiap hari selama 18 bulan, sementara 161 orang lainnya diberi vitamin D palsu. 

vitamin dDari hasil eksperimen tersebut akhirnya para ahli menyimpulkan tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin D bisa mencegah pilek
Sebab dari eksperimen tersebut menunjukkan bahwa mereka yang telah mengkonsumsi vitamin D akan tetap terkena pilek sama seringnya dengan orang-orang yang mengkonsumsi vitamin D palsu. 

Secara umum, orang dewasa terserang pilek rata-rata dua hingga empat kali setiap tahun sedangkan untuk anak-anak biasanya hingga 10 kali. 

Mengomentari hasil temuan tersebut, Profesor Ronald Eccles dari Pusat Flu di Universitas Cardiff, Inggris mengatakan bahwa vitamin D memang sangat berguna bagi tubuh manusia. Prof. Eccles juga mengatakan bahwa vitamin D bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sesuatu yang sangat diperlukan selama musim dingin ketika sumber vitamin D berkurang. 

Namun ia juga menjelaskan bahwa efektivitas suplemen akan berbeda untuk masing-masing orang. "Ada banyak kajian yang menyebutkan bahwa vitamin D sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh," 
 "Suplemen bisa meningkatkan sistem kekebalan selama musim dingin ketika kita mungkin kekurangan vitamin D," kata Eccles. 
"Setiap orang memiliki sistem kekebalan yang berbeda. Jadi kita tidak bisa menyamaratakan," kata Eccles. 

Lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar