Sabtu, 19 Juli 2014

Mengkonsumsi Makanan Ini Bisa Memicu Sakit Kepala


Sakit kepala atau pusing memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari karena terkena serangan flu, karena kondisi tekanan darah, karena adanya gangguan syaraf di kepala sampai karena adanya permasalahan hidup sehari-hari atau banyak pikiran.
Apapun penyebabnya, saat seseorang sedang mengalami sakit kepala, rasanya tidak enak dan tidak dapat berfikir jernih. Dan tidak jarang yang menjadi mudah terpancing emosi, cepat naik darah, marah-marah.
Imbasnya sangat jelas, aktivitas sehari-hari akan terganggu. 

Kondisi sakit kepala yang menyerang bisa saja dalam tingkatan ringan. Namun pada beberapa kasus bisa sangat berat, sehingga butuh perawatan dan atau pengobatan tertentu. 
Namun yang pasti keduanya tidak boleh diabaikan begitu saja. 

Langkah yang terbaik adalah segera melakukan pengobatan segera. 
Disamping segera melakukan pengobatan, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencari dan menghindari penyebabnya. 
Selain karena sebab-sebab yang spesifik, sakit kepala atau pusing ternyata juga disebabkan oleh factor makanan yang dikonsumsi. 
Karena ternyata memang ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu dan atau memperparah kondisi sakit kepala. 
Apa saja jenis makanan itu ? 

Setidaknya ada 9 jenis makanan yang dapat memicu sakit kepala atau memperparah kondisi saat sedang sakit kepala

1.Alkohol 
Orang yang minum alkohol sangat wajar jika kemudian mengeluh erasa sakit kepalanya. Alkohol, disamping akan mempengaruhi system syaraf, juga akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Karena kedua kondisi inilah maka rasa sakit kepala muncul. 

 2.MSG 
MSG atau bahan penyedap masakan sering menjadi bahan perdebatan. Namun yang jelas, dengan kandungan bahan kimia ( yang cukup keras ) di dalamnya, MSG sangat dipercaya dapat memicu timbulnya sakit kepala. Terutama jika dikonsumsi di luar takaran yang diijinkan. Pada tahap tertentu bahkan menyebabkan Chinese Food Syndrome
Sebaiknya simak pada : 

3.Anggur merah 
Anggur merah juga mengandung alcohol. Minuman ini sangat disarankan untuk tdak dikonsumsi oleh penderita migrain. Dengan mengkonsumsi anggur merah akan membuat penderita migrain bertambah parah. 

4.Buah kering dan ragi 
Beberapa makanan dari terbuat dari buah kering, seperti manisan, kismis, buah ara, serta makanan yang berasal dari ragi juga dapat membuat orang yang sedang sakit kepala akan bertambah parah. 

5.Kafein 
Pada dosis yang tepat, kafein memang bisa membuat seseorang terjaga. Tetapi pada dosis yang berlebihan, kafein justru akan dapat memicu sakit kepala. 

 6.Es 
Mengknsumsi es akan menurunkan suhu tubuh dan mempengaruhi system syaraf. Sehingga pada beberapa orang tertentu, mengkonsumsi es dapat memicu timbulnya sakit kepala. 

7.Keju 
Jangan kaget, keju ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala. Terutama pada keju yang sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama atau biasa disebut dengan keju tua. Menurut penelitian, kandungan tyramine dalam keju tua tersebut-lah yang menjadi penyebabnya. 

8.Coklat 
Hati-hati juga ketika mengkonsumsi coklat. Terutama coklat murni atau dark coklat. Coklat yang ini ternyata juga bisa memperparah kondisi sakit kepala. Kondisi ini sebenarnya terjadi perkasus. Namun pada banyak orang merasa demikian. 

9.Pisang 
Dalam pisang ternyata juga terkandung zat tyramine, sebagaimana pada keju tua. Pada orang-orang yang sensitive, meski kecil, kandungan tyramine pada pisang dapat membuat sakit kepala menjadi bertambah buruk. 

Direkomendasikan untuk wanita : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar