Rabu, 21 Januari 2015

7 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Kadar Trigleserida Yang Tinggi


Suatu saat mungkin melakukan tes darah dan kemudian mendapati bahwa kadar Trigliserida yang tinggi. Kadar Trigliserida yang tinggi dalam darah bukannya tidak berbahaya. 
Dampak dan bahaya kadar Trigliserida yang tinggi hampir sama bahayanya dengan kolesterol tinggi. Ada beberapa penyakit “berat” yang dapat ditimbulkan karenanya. 
Sebaiknya simak juga : 

Mengingat bahaya dan efek yang dapat ditimbulkan oleh kadar Trigliserida yang tinggi, yang terbaik tentu saja selalu menjaga agar tingkat Trigliserida dalam darah selalu dalam tingkatan yang normal. 
Tetapi bagaimana jika kadar Trigliserida dalam darah terlanjur tinggi ? 

Tentu saja, harus diupayakan untuk menurunkannya. 
Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar Trigliserida yang terlanjur tinggi, dan biasanya pula masing-masing orang memiliki kiat-kiat tersendiri. 
Dan dari sekian banyak cara yang ada, setelah dirangkum ada 7 Cara Terbaik Untuk Menurunkan Kadar Trigleserida Yang Tinggi, diantaranya adalah yang berikut ini : 

1. Menurunkan berat badan 
Sebagaimana telah diteliti oleh para ahli, pada orang-orang yang mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan, maka dengan menurunkan berat badan sebanyak 5 sampai 10 kilogram akan sangat membantu dalam menurunkan kadar Trigliserida dalam darah

2. Mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh
Sebagaimana telah diuraikan dalam posting sebelumnya, Trigliserida dapat terbentuk karena adanya kalori yang tidak digunakan atau kelebihan kalori yang kemudian dirubah menjadi bentuk lemak ( lipid ). 
Karena itu cara terbaik untuk menurunkan kadar Trigliserida yang tinggi tentu saja adalah dengan mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh. 
Dengan demikian tidak akan ada kalori yang berlebihan yang kemudian dapat dikonversikan sebagai lipid. 

3. Menghindari makanan-makanan manis 
Makanan manis dan atau karbohidrat sederhana, seperti gula dan bahan makanan yang terbuat dari tepung putih dapat meningkatkan kadar Trigliserida dalam darah. Karena itu hindari makanan dari jenis ini. 

4. Membatasi kolesterol 
Membatasi kolesterol juga akan membantu untuk menurunkan kadar Trigliserida. 
Sebaiknya hindari makanan yang merupakan sumber utama kolesterol seperti kuning telur, produk susu dan daging dengan lemak jenuh yang tinggi. 

5. Jika mengkonsumsi makanan berlemak, pilihlah lemak sehat 
Yang dimaksud dengan lemak sehat adalah jenis lemak jenuh tunggal. Umumnya bisa didapatkan dari tumbuhan, seperti pada minyak zaitun, kacang-kacangan dan minyak canola. 
Bisa juga didapatkan dari ikan yang memiliki kandungan asam Omega 3 yang tinggi. Misal pada ikan salmon atau makarel. 

6. Jauhi lemak trans 
Lemak trans sangat berbahaya, baik pada kadar Trigliserida maupun pada kadar kolesterol. 
Minyak trans biasanya terdapat pada makanan gorengan ataupun pada produk yang dipanggang. 
Misal cookies, kerupuk atau beberapa camilan. 

7. Jangan minum alkohol 
Tidak perlu diuraikan lagi, ada begitu banyak bahaya mengkonsumsi alkohol. 
Hubungannya dengan Trigliserida, alkohol merupakan sumber kalori yang tinggi dan instan. 
Karena itu alkohol akan memiliki efek yang sangat kuat bagi kenaikan kadar Trigliserida dalam darah. 

8. Melakukan olah raga secara teratur. 
Sederhana. Olah raga akan membakar kalori dalam tubuh. Dengan demikian kadar Trigliserida dalam darah, otomatis juga akan menurun. 
Selain itu dengan berolah raga juga akan dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. 
Lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar