Selasa, 13 Januari 2015

5 Cara Sederhana Untuk Melatih Dan Meningkatkan Konsentrasi Anak


Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak ( terutama pada balita ) selalu membutuhkan bimbingan dari para orang tuanya. Dengan bimbingan yang baik dan terarah diharapkan anak-anak bisa tumbuh berkembang sesuai usianya. Dalam hal ini termasuk masalah konsentrasi anak

Pada dasarnya semua anak masih perlu untuk dibimbing dan dilatih dalam hal konsentrasi. Sebab sesuai dengan tahap perkembangannya, anak-anak seumur ini, rasa keingin tahuannya masih sangat tinggi. 
Sehingga apa saja bisa menarik perhatian mereka. 
Memang ada bebarapa anak yang sejak lahir memiliki daya konsentrasi yang sangat baik. 
Namun pada beberapa anak lainnya, untuk dapat berkonsentrasi secara lebih baik perlu latihan dan pengarahan. 

Menurut para ahli sebuah konsentrasi yang baik pada anak bisa dicapai dengan memberikan bimbingan dan contoh konsep yang baik. Antara lain dengan suatu lingkungan yang tetata rapi; melalui rasa percaya diri, memberikan dorongan dan motivasi, adanya penghargaan yang sewajarnya, mengembangkan rasa ketertarikan, serta melalui satu teknik visualisasi yang melibatkan seluruh indra. 
Yang secara lebih singkat, dapat diuraikan dalam 4 Cara Sederhana Untuk Melatih Dan Meningkatkan Konsentrasi Anak, yang berikut ini : 

1. Ucapkan namanya 
Ketika anda menginginkan agar anak melakukan sesuatu, coba sebutkan namanya di awal kalimat. 
Dengan cara seperti ini biasanya perhatian anak akan tertarik dan membuatnya menjadi lebih responsif terhadap permintaan Anda. 

2. Lakukan kontak mata 
Cara yang terbaik agar anak mau memberikan perhatiannya adalah dengan melakukan kontak mata. 
 Ketika mengajari ( atau memerintahkan) sesuatu kepada anak, namun tidak melakukan kontak mata dengannya, maka anak akan menganggap bahwa apa yang anda katakana bukanlah merupakan suatu hal yang penting. Sebab anda mengatakannya hanya dengan “sambil lalu”. 

3. Ciptakan suasana yang tenang 
Bebarapa anak memang bisa berkonsentrasi penuh pada suatu hal meski suasananya sangat ramai. Namun tidak demikian dengan anak-anak pada umumnya. 
Cara yang terbaik untuk melatih dan meningkatkan konsentrasi anak adalah dengan menciptakan suasana yang tenang ketika anda mengajarinya sesuatu. 
Pilihlah bagian rumah yang tenang di untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. 
Adanya televisi, radio, dan suara-suara anak lainnya umumnya akan mengalihkan perhatian anak dan membuyarkan konsentrasinya. Dan sebaiknya, duduklah di dekatnya untuk memberikan semangat. 

4. Hilangkan gangguan 
Pastikan juga untuk menghilangkan semua gangguan-gangguan, seperti mainan, saudara atau anak-anak lainnya yang akan mengganggu konsentrasinya. 

5. Mintalah untuk mengulangi inti kalimat anda 
Berada dekat dengan anak saat berbicara adalah salah satu cara yang baik. Setelah itu mintalah ia agar mengulangi kalimat yang anda ucapkan padanya. 
Mungkin tidak harus sama persis seperti apa yang anda ucapkan. Namun paling tidak, anak bisa menangkap dan mengucapkan inti dari kalimat yang anda maksudkan. 

Simak juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar