Minggu, 31 Agustus 2014

Manusia Dengan 21 wajah


Berapakah ekspresi wajah yang anda kenal ? 
Marah, sedih, gembira, kecewa, jijik , terkejut ? 

Selama ini umumnya ada 6 ekspresi wajah yang telah dikenal manusia. 
Yang disebut dengan 6 ekspresi dasar, sebagaimana disebut di atas. 
Namun ternyata manusia memiliki 21 ekspresi wajah
Ini tidak berlaku pada orang tertentu saja, tetapi termasuk anda juga. 

Ada sebuah studi yang dilakukan untuk meneliti dan mempelajari beberapa macam ekspresi wajah manusia. Dalam studi tersebut peneliti mengambil data dari sejumlah 5.000 foto dari 230 orang mahasiswa yang diminta untuk menanggapi isyarat verbal. 
Hasil penelitian tersebut kemudian diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Dan untuk menentukan ekspresi wajah yang unik dari para responden sehingga bisa dibedakan antara satu dengan yang lainnya, para peneliti menggunakan sebuah program komputer yang disebut Facial Action Coding System (FACS) untuk menganalisis hasil foto yang diambil. 

Program FACS sendiri mulai diipopulerkan oleh para psikolog di era 1970-an. 
Dimana program computer FACS ini dapat memecah ekspresi wajah ke dalam setiap unsur-unsurnya. Misalnya saat alis terangkat atau hidung mengkerut, yang disertai juga dengan suatu analisis gerakan otot dasar yang dipakai untuk membuat ekspresi tersebut. 
Program model komputer tersebut mampu membedakan raut wajah tersebut dengan tingkat akurasi yang tinggi, yaitu dengan mencari aterjadinya perubahan kecil pada otot-otot wajah . 
Dan dari analisis tersebut dapat diungkap adanya ekspresi wajah manusia selain ekspresi dasar

Model komputasi program FACS dapat mengidentifikasi 6 ekspresi dasar dengan akurasi 96,9 persen, berupa senang, sedih, takut, marah, terkejut, dan jijik. 
Model juga mampu menambahkan 15 ekspresi wajah kombinasi lainnya dengan akurasi 76,9 persen. Sehingga secara total, ekspresi wajah yang dapat dianalisis melalui program komputer tersebut menjadi 21 ekspresi wajah dengan menggunakan kombinasi unik dari otot-otot yang berbeda dari semua ekspresi lainnya. 

Karena itulah para ilmuwan mendefinisikan adanya 21 ekspresi wajah yang digunakan manusia untuk menyampaikan emosi. 
Yaitu dengan menambahkan 15 ekspresi lainnya kepada 6 ekspresi dasar, yang merupakan kombinasi dari emosi dasar itu. Sebab, perasaan manusia sejatinya adalah emosi majemuk. 
Dan ini berarti ekspresi wajah manusia yang mampu dikenali menjadi tiga kali lipat dari yang diketahui sebelumnya. 

Lalu, apa manfaatnya mengenali 21 ekspresi wajah manusia tersebut ? 

Para ahli menyatakan bahwa, kepustakaan ekspresi wajah manusia berdasarkan emosi mungkin bisa bermanfaat untuk pengkajian otak manusia dan komunikasi sosial. 
Juga terkait dengan penciptaan desain sistem komputer yang bisa berkomunikasi dengan manusia. 

Sebagaimana dikutip dari situs sains LiveScience, peneliti Aleix Martinez, ilmuwan kognitif sekaligus profesor teknik listrik dan komputer di Ohio State University mengatakan : 
"Kami telah melampaui ekspresi emosi sederhana seperti 'senang' atau 'sedih'. 
Kami menemukan konsistensi kuat dalam cara orang menggerakkan otot-otot wajah mereka untuk mengekspresikan 21 kategori emosi". 
"Kami juga menemukan, 21 emosi diekspresikan dengan cara yang sama oleh hampir semua orang, setidaknya dalam budaya awam.
" Ditinjau secara historis, para ilmuwan dan filsuf telah memfokuskan studi mereka pada 6 emosi dasar, termasuk dengan mengartikan otak seseorang berfungsi dengan hanya 6 kategori -- atau seperti lukisan potret dengan hanya warna primer, tambah Martinez. 

Berdasar hasil analisis komputer tersebut, koleksi ekspresi emosional yang berhasil dkenali nantinya bisa digunakan untuk penelitian kognisi. Juga sebagai dasar untuk memahami bagaimana seorang pasien dengan gangguan kejiwaan seperti skizofrenia, atau gangguan sosial seperti autisme mengekspresikan apa yang mereka rasakan. 
 
Simak juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar