Jumat, 08 Agustus 2014

Agar Anak Lebih Pintar, Biasakan Untuk Tidur Siang


Para orang tua jaman dulu biasanya mengajari ( baca : mengharuskan ) anak-anaknya agar selalu tidur siang. Tidak hanya dimaksudkan agar anak tidak bermain dan ngeluyur terus, tetapi ternyata dibalik ajaran tersebut terdapat manfaat yang lebih dalam. 
Sebab, tidur siang ternyata akan sangat membantu proses belajar anak
Bahkan meski tidur siang tersebut hanya selama satu jam saja setelah makan siang. 

Kesimpulan ilmiah dari manfaat tidur siang ini didapatkan dari sebuah penelitian berskala kecil yang dilakukan di Amerika Serikat. 
University of Massachusetts Amherst telah melakukan penelitian terhadap 40 anak dan laporannya diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. 

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa daya ingat anak-anak berusia tiga hingga lima tahun akan meningkat secara significant apabila mereka tidur siang. 
Para Ilmuwan yang terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa tidur siang memang penting bagi otak anak untuk mengumpulkan ingatan dan pembelajaran di tahap awal. 

Ketika anak-anak dibiasakan untuk tidur setelah makan siang, mereka menunjukan kinerja yang meningkat ketika diberikan tugas-tugas yang berhubungan dengan visual dan spasial, jika dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang. 
Dengan melakukan tidur siang, anka-anak dapat mengingat sekurangnya 10% informasi lebih banyak dibandingkan jika tetap terjaga. 

Peneliti melakukan pengawasan yang intensif kepada 14 anak yang diteliti di laboratorium dan mengungkapkan kinerja di otak di saat mereka tertidur
Mereka mendapatkan adanya peningkatan aktivitas di wilayah yang terhubung dengan aktivitas belajar dan integrasi informasi baru. 
Kepala peneliti Rebecca Spencer mengatakan: 
"Kami adalah pertama yang melaporkan bukti bahwa tidur siang sangat penting untuk anak-anak di masa pra-sekolah. "Studi kami menunjukkan bahwa tidur siang membantu anak-anak lebih baik dalam mengingat apa yang mereka pelajari di masa pra-sekolah." 
Dia mengatakan juga bahwa sementara anak-anak yang lebih tua secara alami melupakan aktivitas tidur siang mereka, anak-anak yang muda harus didorong untuk tidur siang. 

Pada riset lainnya, menunjukan bahwa tidur dibutuhkan oleh manusia karena aktivitas itu membantu pergantian sel otak. Sementara itu, ketidak teraturan dalam jam tidur ( terutama pada malam hari ) akan dapat berpengaruh pada prestasi anak. 
Jadi sebaiknya jangan biarkan anak-anak bermain sepanjang siang hari ( meski di dalam rumah ). Usahakan untuk bisa tidur di siang hari, meski hanya satu jam saja. 

Simak juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar