Jumat, 15 Agustus 2014

Metode Unik. Dengan Lagu, Para Peneliti Berusaha Mengembalikan Ingatan


“Khasiat” dari sebuah lagu ternyata benar-benar tidak bisa disepelekan. 
Sebelumnya telah diketahui, bahwa lagu ( musik ) sangat bermanfaat bagi tumbuh-kembang janin dalam kandungan. Dalam hal ini juga termasuk pada pertumbuhan dan produkstivitas tumbuhan pangan. 
Musik juga diketahui bisa mempunyai manfaat penyembuhan pada beberapa terapi. 
Bahkan musik juga diketahui dapat mempengaruhi dan mendongkrak mood seseorang ketika sedang melakukan hubungan suami istri. 

Bisa disimak pada : 

Riset dan penelitian telah membuktikan hal ini. Dan sebuah riset terbaru telah menambah daftar panjang dari manfaat dan kegunaan sebuah musik. 

Ada sebuah riset yang dilakukan oleh para peneliti University of Amsterdam. Riset yang dialkukan oleh para peneliti University of Amsterdam sebenarnya sederhana, namun bisa dibilang unik. 
Mereka membuat sebuah permainan internet dengan tujuan untuk mencari jawaban mengapa beberapa lagu tertentu dapat tersangkut dalam ingatan manusia. 
 Dan para pemain harus menebak potongan lagu tersebut kemudian membandingkannya dengan lagu lain. Hampir mirip-mirip dengan kuis berpacu dengan melodi yang pernah ditayangkan dan ngetop di stasiun televisi indonesia beberapa tahun lalu. 


Permainan online yang dinamakan “Hooked On Music” tersebut diluncurkan di Museum of Science di Manchester, Inggris. 
Dengan melakukan permainan online tersebut, tim peneliti berharap agar hasil temuan dari riset tersebut dapat membantu untuk lebih mengerti seluk beluk memori jangka panjang dan perawatan demensia. 

Ashley Burgoyne dari University of Amserdam mengatakan, “Musik punya pengaruh kuat terhadap memori, jauh lebih kuat dibandingkan hal lain. Namun alasan dibalik hal itu masih belum jelas diketahui.” 
“Ada beberapa musik yang hanya kita simak beberapa kali tapi tersimpan di dalam memori, bahkan setelah 10 tahun kita masih bisa mengingatnya dengan baik,” ungkap Burgoyne. 

Untuk tujuan meneliti rahasia di ingatan manusia pada riset tersebut digunakan lagu-lagu lawas, seperti lagu karya musisi Elvis Presley, ABBA, dan juga yang “cukup mutakhir” dari Spice Girls. 
Dia juga berharap agar nantinya sebanyak 10.000 orang bisa berpartisipasi dalam permainan internet tersebut. Menurutnya, temuan dari permainan itu bisa melengkapi bagian yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar