Selasa, 05 Agustus 2014

Paparan Toxoplasma Dari Kucing Ternyata Juga Bisa Sebabkan Kanker Otak


Sejak lama telah diketahui bahwa kucing merupakan salah satu binatang peliharaan kesayangan banyak orang. Bahkan pada jaman Mesir kuno, binatang kucing menduduki peran yang sangat penting di kalangan raja-raja Mesir. 
Dalam kepercayaan Mesir kuno, kucing juga dipercaya sebagai “penjaga dunia bawah” atau dunia arwah. 

Namun sejak lama diketahui pula jika binatang kucing sering dituding sebagai biang keladi terjadinya keguguran berkali-kali pada wanita hamil. 
Hal ini disebabkan karena binatang kucing juga berfungsi sebagai “pembawa” parasit toxoplasma. Disamping itu, parasit toxoplasma juga berbahaya bagi orang-orang yang sistem kekebalannya rapuh. 
Itulah sebabnya disarankan agar wanita yang sedang hamil – terlebih bagi yang telah berkali-kali keguguran – agar jauh-jauh dari kucing. 
Disarankan untuk menyimak juga yang di bawah ini :

parasit toxoplasma dari kucingDan ternyata bahaya toxoplasma dari kucing tidak hanya itu saja. 
Dari sebuah penelitian di kalangan ilmuwan dinyatakan bahwa suatu parasit umum yang menyebar melalui kucing mungkin memperbesar risiko kanker otak pada manusia. 
Tim peneliti tersebut mendapati adanya keterkaitan antara paparan toxoplasma gondii dan kanker otak pada orang dewasa. 

Hasil riset kalangan ilmuwan tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Biology Letters. 
Tim peneliti menyimpulkan bahwa infeksi parasit toxoplasma yang dibawa kucing bisa mengakibatkan risiko terkena kanker otak naik hampir dua kali lipat. 

Para peneliti ini telah menganalisis data dari 37 negara. Dan setelah menyisihkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi kasus infeksi, tim peneliti menyimpulkan risiko kanker otak akan naik menjadi 1,8 kali pada orang-orang yang terinfeksi oleh toxoplasma gondii. 

Parasit toxoplasma dapat tersebar melalui kotoran kucing. Disamping itu parasit ini juga bisa menyebar melalui daging yang dimasak kurang matang. 

Jadi seandainya anda merupakan salah satu orang penggemar kucing dan atau di rumah anda kebetulan terdapat hewan peliharaan kucing, maka tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda mulai berhati-hati dengannya. 
Bukannya tidak boleh sama sekali, namun alangkah lebih baik jika hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan anda atua keluarga anda dapat dihindari. 

Simak juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar