Senin, 16 Juni 2014

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo ?


Komedo sebenarnya merupakan salah satu jenis jerawat. 
Komedo, sebenarnya juga merupakan salah satu jenis penyakit kulit, dimana pori-pori kulit wajah melebar dan terisi dengan sebum. Sebum adalah sejenis minyak yang diproduksi kulit wajah dan kemudian tertutupi oleh sel kulit mati. Dan aksi ini biasanya diperparah dengan adanya bakteri . 
Hal inilah yang menjadikan komedo tumbuh dan cukup sukar untuk dihilangkan. 
Komedo biasanya muncul di beberapa area wajah tertentu seperti di hidung dan dahi. 
Lihat juga : 

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo, tentu saja dengan melakukan pencegahan dini. Kuncinya adalah kebersihan kulit wajah. 

- Usahakan mencuci dan membersihkan wajah sesering mungkin. 
Semakin sering membersihkan wajah, akan semakin kecil lkemungkinan terjadinya penyumbatan pori kulit dan berkembangnya bakteri. Setidaknya 5 kali sehari. 

- Yang perlu diperhatikan ketika mencuci wajah adalah sabun atau pembersih yang digunakan. 
Pilih produk pembersih khusus untuk wajah atau sabun lunak. Bila digunakan sabun biasa, karena kandungan sabun cukup keras bagi kulit wajah yang sensitif, dikhawatirkan kulit wajah malah menjadi kering. 

- Apabila komedo tetap saja muncul, tingkatkan intensitas dalam membersihkan wajah. 

- Sebisa mungkin, hindari wajah bersentuhan benda-benda asing terutama yang berdebu dan atau mengandung minyak. 
Sebagai contoh, menempelkan HP perangkat seluler di wajah saat bertelepon tidak dianjurkan. 

- Pada saat memilih produk pembersih wajah, sebaiknya pilihlah yang mengandung bahan-bahan yang alami, guna memperkecil resiko dan dampak samping, jika digunakan pembersih yang mengandung bahan kimia. 

- Untuk tindakan pembersihan berkala sebaiknya gunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, putih telur, dan lemon 

Bagaimana jika komedo membandel ? 

- Anda bisa menggunakan facial scrub
Melakukan Facial scrum dapat mengangkat komedo dengan baik. Anda bisa menggunakan facial scrub alami secara mudah dan cepat dengan memanfaatkan lemon. Irislah sebutir lemon, lalu gosok pada kulit wajah yang berkomedo.
Sebaiknya dilakukan 2 kali sehari. 
Lihat juga : 

- Menggunakan pelembab dan krim wajah
Pelembab dan krim wajah sebenarnya juga bisa membantu meghilangkan komedo. Hanya saja jika menggunakan produk kosmetik ini pastikan dan pilih yang berlabel bebas minyak dan non komedogenik. Sebab produk yang berlabel ini tidak akan menyebabkan penyumbatan pori kulit wajah. 

- Menggunakan krim penghilang jerawat 
Untuk menghilangkan komedo, salah satunya adalah dengan menggunakan krim penghilang jerawat. Pilih Krim penghilang jerawat mengandung bahan pemberi nutrisi kulit dan mengangkat kotoran. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, bersihkan wajah terlebih dulu dengan air hangat. 

- Menghilangkan komedo dengan baking soda
Cara lainnya adalah dengan menggunakan baking soda. Fungsi baking soda adalah mengangkat kelebihan minyak pada wajah. Tuangkan baking soda dalam 2 sendok makan air putih, aduk sampai berbentuk pasta. Tempelkan pasta baking soda pada daerah berkomedo selama 20 menit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar