Kamis, 04 Desember 2014

Orang Yang Kegemukan Rawan Mengalami Pengeroposan Tulang


Satu lagi tentang “ketidak-elokan” orang yang mengalami kegemukan
Bahwa orang yang mengalami masalah kegemukan itu kurang sedap dipandang mata, itu sudah jelas. Dan juga bahwa orang kegemukan lebih beresiko terhadap serangan berbagai penyakit itu juga sudah umum diketahui. 

Namun seorang yang mengalami masalah kegemukan juga lebih rawan terhadap terjadinya pengeroposan tulang, mungkin tidak banyak orang yang menyangkanya. 
Sebab umumnya beranggapan bahwa orang yang tubuhnya “subur” pasti memiliki  cadangan bahan pangan yang berlebih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulangnya, sehingga “aman” dari masalah pengeroposan tulang

Namun anggapan ini dibantah oleh para ahli. 
Bahkan setelah melakukan penelitian para ahli menyatakan yang sebaliknya. 
Kegemukan disebut dapat memicu risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis

kegemukan memicu pengeroposan tulangDalam sebuah publikasi pada jurnal Radiology disebutkan satu Tim dari Harvard Medical School di Boston telah melakukan penelitian dengan melakukan pemindaian terhadap tubuh 106 orang yang mengalami kegemukan, laki-laki dan perempuan. 
Dari hasil tersebut peneliti menemukan bahwa seseorang yang mengalami kegemukan (obesitas ), menyimpan lemak dalam tulang mereka, yang mana dapat menyebabkan kerapuhan dan tulang mudah retak. 
Dari hasil pemindaian yang dilakukan tim ini mendapati bahwa sebagian orang menyimpan lemak di tempat tersembunyi dalam hati, otot dan sumsum tulang mereka seperti di perut, pinggul dan paha. 

Menurut salah seorang peneliti, Dr Miriam Bredella,menyatakan bahwa orang yang memiliki tubuh berbentuk apel dan memiliki lemak dipinggang mereka, memiliki risiko yang lebih besar. 
Sumsum tulang adalah tempat dimana sel berperan dalam pembentukan tulang baru, jika lebih banyak sumsum yang diambil alih oleh sel lemak maka akan menyebabkan tulang menjadi rapuh. 

Selanjutnya Dr. Bredella mengatakan: 
"Jika anda memiliki tulang yang dipenuhi dengan lemak, maka tidak akan kuat." 
"Obesitas sebelumnya diperkirakan dapat mencegah kerapuhan tulang. Kami menemukan bahwa pendapat ini tidak benar." 
Lemak pada sumsum tulang lebih tinggi ditemukan dalam tubuh orang yang memiliki pengeroposan tulang (osteoporosis). 

Berdasarkan hasi penelitian tersebut, peneliti menyarankan cara terbaik untuk menghindari resiko pengeroposan tulang adalah dengan mempertahankan berat badan agar tetap ramping dan tidak mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan

Lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar