Kamis, 23 Oktober 2014

Siapa Yang Mau Bodoh ? Konsumsi Saja Makanan Ini


Di masyarakat umum, ada joke dan olok-olok. ‘Pantas saja ‘telmi’ alias bodoh. Lha wong makannya "singkong". 
Meski hanya berupa olok-olok, dan sebuah ‘pelecehan’ terhadap bahan makanan singkong yang merupakan salah satu bahan pangan pokok masyarakat Indonesia, namun memang ada beberapa bahan makanan yang bisa membuat seseorang menjadi bodoh. Tetapi bahan pangan tersebut justru bukan singkong atau ketela. Justru, bahan pangan yang bisa membuat pengkonsumsinya menjadi bodoh adalah bahan pangan yang dianggap ‘modern’ dan malah digandrungi remaja. 

Menurut suatu penelitian kesehatan, membuktikan bahwa makanan yang dikonsumsi disamping mampu memberikan dampak kesehatan tubuh juga akan mempengaruhi kinerja otak orang yang mengkonsumsinya. Karena itulah, agar berhati-hati ketika memilih bahan pangan yang akan dikonsumsi. 
Tetapi jika memang ingin bodoh, konsumsi saja beberapa bahan pangan di bawah ini :

Alkohol 
Sudah lama diketahui, Alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dalam hal ini termasuk membahayakan kesehatan dan kinerja otak. 
Pengaruh alkohol pada otak adalah terjadinya satu kondisi ‘fogging’ otak yang ditandai dengan penurunan memori, stres, depresi, dan komplikasi mental lainnya. 

Junk food 
Dalam junk food memiliki kandungan lemak, garam yang tinggi, bahan pengawet, serta gula tambahan, serta bahan kimia berbahaya yang mampu mempengaruhi kondisi otak. Dimana bahan ini akan menyebabkan perubahan kimia di otak dan mengarah pada gangguan otak seperti kecemasan dan depresi. 

Makanan yang mengandung pengawet 
 Bahan pangan yang mengandung pengawet atau pewarna buatan, sangat berbahaya pada kesehatan tubuh dan otak. Zat ini diidentifikasi sebagai penyebab utama merosotnya fungsi otak. 

Makanan yang manis-manis 
Makanan manis memang menggoda lidah. Namun kandungan gula berlebih akan berbahaya bagi kesehatan. Selain mendukung tumbuhnya sel kanker, atau DB, kadar gula yang tinggi juga menurunkan fungsi otak dan memori. 

Daging olahan 
Disamping mengandung sedikit protein, daging olahan biasanya juga mengandung bahan pengawet atau bahan aditif lainnya. Dimana bahan-bahan ini an zat dapat memberikan efek buruk pada otak pengkonsumsinya 

Makanan yang mengandung garam terlalu tinggi 
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan komplikasi kesehatan tubuh. Selain itu juga membahayakan kesehatan otakm karena akan menyebabkan penurunan memori. 

Makanan yang digoreng 
Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng juga dapat merugikan kesehatan otak. Makanan ini mengandung minyak dan lemak tidak jenuh yang akan menumpuk pada pembuluh darah. Akibatnya, asupan darah ke otak menjadi tidak maksimal dan dapat mengakibatkan penurunan fungsi otak. 

Simak juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar