Senin, 27 Oktober 2014

Cara Yang Bagus Untuk Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Gabus


Sebenarnya, ikan gabus ( ada pula yang menyebutnya ikan “kuthuk” ) merupakan salah satu jenis ikan tawar yang disukai masyarakat umum. Selain mudah didapatkan dan harganya yang relatif murah, daging ikan gabus juga sangat gurih dan empuk. 
Itulah sebabnya, masyarakat tradisional sering menjadikan ikan gabus sebagai lauk pauk yang sangat lezat. Entah itu hanya digoreng, disemur atau dimasak dengan bumbu lainnya. 

Disamping itu, menurut salah satu penelitian kesehatan, daging ikan gabus mengandung suatu zat yang sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka. Itulah sebabnya seseorang yang mendapatkan luka atau pasca operasi sangat disarankan agar banyak-banyak mengkonsumsi ikan gabus untuk mempercepat penyembuhan lukanya. 

Masalahnya adalah ketika memasak ikan gabus ( jika caranya kurang tepat ) seringkali timbul bau amis yang cukup menyengat. 
Oleh sebab itu terkadang para ibu agak enggan memasak ikan gabus ini. Padahal untuk mengatasi bau amis pada ikan gabus, caranya sebenarnya cukup sederhana. 

Cara paling mudah menghilangkan bau amis pada Ikan Gabus dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini : 
- Sebaiknya selalu pilih dan gunakan ikan gabus yang masih segar. 
Semakin lama ikan gabus ( termasuk jika disimpan dalam kulkas ) maka akan semkain amis. 
- Sebelum dimasak, hilangkan dulu sisik ikan gabus dengan mengeroknya menggunnakan pisau sampai bersih. 
- Cuci bersih, kemudian rendam ikan gabus yang telah dicuci tersebut dalam air jeruk nipis selama 5 sampai 10 menit. 
- Rebus ikan gabus sampai cukup matang, namun jangan sampai terlalu lunak atau hancur. 
Perebusan tetap harus dilakukan meski ikan gabus nantinya akan digoreng atau disemur atau dibuat masakan lainnya. Sebab dengan merebus, selain akan membuat daging ikan lebih empuk, juga akan menghilangkan bau amis. 
- Gunakan ikan gabus sesuai selera. 
Dengan cara ini, maka bau amis ikan gabus akan hilang, dan anda dapat mengambil manfaatnya tanpa terganggu oleh bau amis lagi. 

Simak juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar