Minggu, 20 Oktober 2013

Bagaimana Mengatasi Masalah Pipi Tembem ?

Bagaimana Mengatasi Masalah Pipi Tembem ?
Untuk seorang bayi atau balita, pipi yang berisi dan montok, akan terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Juga menunjukkan jika si anak dalam kondisi sehat dan segar. Namun hal ini belum tentu bisa berlaku untuk seorang remaja atau dewasa.
Karena jika seorang remaja atau dewasa yang memiliki pipi yang berisi dan montok, tidak terlihat lucu dan menggemaskan, tetapi justru terlihat kurang indah dari segi estetika. 

Meski orang manca lebih enak sebutannya, “ chubby”, tetapi orang Jawa menyebutnya “tembem”. Alias kegedean ukuran. 

Maklum saja, karena pipi chubby alias tembem sebenarnya mengindikasikan adanya penumpukan atau timbunan lemak di wajah orang dewasa. Atau biasanya karena masalah kegemukan. Sedangkan untuk remaja atau orang dewasa, idealnya tidak terdapat timbunan lemak di pipi atau di wajahnya. 
Bahkan pada sebagian orang, justru lebih menyukai pipi yang agak kelihatan sedikit tonjolan tulangnya. Sehingga, ketika berdandan akan dapat menimbulkan kesan “ dramatis” dan sensual. 

Makanya para remaja atau orang dewasa ( umumnya wanita ) akan cenderung mati-matian melawan pipi tembem ini. Karena orang yang memiliki pipi tembem ini seakan-akan memudar pesonanya. Karena biasanya sebagian dari organ wajah akan “ termakan “ oleh pipi tembemnya. Alias kelihatan -maaf- pesek hidungnya. 

Nah jika kebetulan memiliki masalah pipi  tembem ini, ada beberapa langkah sederhana untuk mengatasinya. 

Menurunkan Berat Badan 
Seperti disebutkan diatas, bahwa salah satu penyebab pipi tembem adalah adanya timbunan lemak di wajah. Dan timbunan lemak adalah indikasi adanya kelebihan berat badan atau kegemukan. Maka cara yang paling rasional agar pipi tidak menjadi tembem adalah dengan menghilangkan timbunan lemak dengan cara mengurangi berat badan. Diet dan berolah raga adalah cara sederhana yang disarankan. 

Banyak Minum Air Putih 
Pada saat tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh akan berusaha “menahan” air. Jika ini terjadi pada waktu lama dan berulang, akan bisa menyebabkan pipi kelihatan bengkak. Dengan banyak minum air puti akan mencegah terjadinya dehidrasi. Hingga dapat mencegah pipi menjadi tembem. Banyak minum Air putih juga akan membuat kulit tampak lebih segar. 
Selain air putih makan buah yang mengandung banyak air, misal semangka atau melon juga sangat disarankan. 

Kurangi Konsumsi Garam 
Garam akan menyebabkan tubuh mempertahankan cairan, sehingga dapat berakibat wajah terlihat gemuk. 

 ● Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Kalsium 
Kalsium dapat mengurangi retensi air, sehingga mengurangi kembung dan bengkak di wajah. Disamping itu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium tinggi dapat menghilangkan lemak dalam tubuh tubuh. 

Hindari Alkohol dan rokok 
Minuman beralkohol akan membuat kerja hati dalam melakukan detoksifikasi menjadi makin berat. Sehingga hati tidak sempat melakukan fungsi lainnya, yaitu metabolisme lemak. Sedangkan lemak yang tidak termetabolisme dapat menyebabkan terjadinya timbunan lemak dan penambahan berat badan. 
Merokok akan “memakan” suplai vitamin C dari tubuh. Sedangkan tanpa vitamin C maka tubuh tidak dapat memproduksi kolagen dan elastin, yang dapat menyebabkan wajah terlihat kendur. 
Disamping itu akan mempercepat kerusakan radikal bebas pada sel-sel dan menurunkan kadar oksigen tubuh, menyebabkan keriput pada wajah, kulit berjerawat, kulit pucat dan tidak menarik. 

 ● Biasakan Tidur Tepat Waktu 
Kurang tidur, kebanyakan tidur, juga stress dapat mengganggu sistem endoktrin yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon. Hormon ini menentukan seberapa cepat laju penuaan, berapa banyak otot yang dibangun, berapa banyak gula yang digunakan, dan berapa banyak lemak yang disimpan.
Bila organ endokrin kondisinya tidak prima, maka jaringan tubuh akan kehilangan elastisitas dan kekencangan jauh lebih awal dari seharusnya, sehingga penampilan menjadi terlihat gemuk dan tidak sehat. 
Usahakan tidur tepat waktu, idealnya 7 sampai 8 jam sehari dan berlatihlah untuk mengelola stres.
Lihat juga :
> Rasullullah ternyata telah ajarkan cara cegah penuaan dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar