Selasa, 27 Mei 2014

10 Trik Baru Agar Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab


Ketika seseorang akan memutuskan akan berhijab, sering timbul kekhawatiran, jangan-jangan nanti rambutnya rusak dan tidak sehat. ( Yang sudah berhijab-pun terkadang masih mempunyai kekhawatiran seperti ini ). 
Seharusnya tidak perlu khawatir. Meski berhijab. Anda masih tetap bisa memiliki rambut yang indah dan sehat. Berikut 10 Trik Baru Agar Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

1. Lakukan keramas secara teratur 
Kunci pertama adalah keramas. 
Dengan keramas secara teratur akan menjaga rambut selalu dan tetap bersih. 
Lakukan keramas secara taratur minimal 2 hari sekali. 
Sebaiknya pilih shampoo dengan bahan alami, seperti lidah buaya yang bisa memperbaiki pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Selalu gunakan juga conditioner setiap habis keramas, agar rambut lembut, harum dan kuat. Meski ada saat-saat tertentu dimana anda justru tidak boleh keramas. 
Pada saat seperti apa ? Coba lihat yang ini : 

2. Gunakan masker rambut dan hair tonic 
Setiap seminggu sekali gunakan masker rambut dan hair tonic untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Gunakan masker setelah keramas. 
Oleskan di sekitar rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih. 
Dan untuk menguatkan akar rambut, gunakan hair tonic atau serum anti rontok. 
Sari advokat untuk rambut kering. Sari jeruk nipis untuk rambut berminyak atau berketombe, Dan Ginseng bermanfaat menguatkan akar rambut. 

3.Rajin menyisir rambut 
Menyisir rambut akan membantu kelancaran peredaran darah, sebab pada dasarnya tindakan ini hampir mirip dengan pemijatan. Lakukan setidaknya 4 kali sehari. 
Sebaiknya gunakan sisir rambut yang jarang giginya dan terbaik dari plastic untuk mencegah kerontokan. Juga hindari menarik garis belahan rambut hanya pada satu sisi. 
Sebab kerontokan biasanya berawal dari sini. 

4. Hindari rambut basah 
Agar diperhatikan, jangan menggunakan hijab saat rambut masih basah. Tungu sampai kering. Jika tergesa bisa digunakan hair drier. 
Lihat juga : 
Menggunakan hijab saat rambut basah akan mempertinggi kelembaban rambut yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. 

5. Konsumsi makanan yang rendah lemak 
Untuk menyehatkan rambut sebaiknya pilih makanan yang rendah lemak tapi kaya protein, vitamin B-6, B-12, vitamin C. 

6. Pilih bahan hijab yang nyaman 
Hijab dari katun dan kain kaos bisa menjadi pilihan utama untuk hijab sehari-hari. Sebab bahan tersebut memiliki pori yang akan memperbanyak sirkulasi udara. Hindari bahan hijab yang panas. 
Dan jangan lupa ganti kerudung setiap hari untuk menjaga kebersihan. 

7. Pilih model hijab yang praktis 
Untuk aktivitas harian sebaiknya hindari hijab yang bertumpuk, agar tidak memicu kelembaban kulit kepala. Pada siang hari cukup gunakan hijab 2 lapis. Yakni lapisan tipis sebagai dalaman ( ciput ) dan hijab atau kerudung. 
Sedangkan jika anda bekerja di kantoran, coba gunakan hijab berbahan tebal untuk melindungi kulit dari hembusan AC, yang dapat menyebabkan rambut kering. 

8. Hindari hijab berwarna gelap
Pada siang hari sebaiknya hindari hijab berwarna gelap, sebab akan menyerap panas. Sehingga rambut dan kepala menjadi lebih panas. 
Sebaiknya pilih yang berwarna terang atau putih. 

9. Istirahatkan rambut
Pada saat di rumah sebaiknya jangan mengikat rambut. Hal ini bertujuan agar rambut mempunyai kesempatan untuk “bernafas” dan istirahat. 
Dengan mengistirahatkan rambut seperti ini , maka dapat mengurangi kelembaban kulit kepala, yang dapat mengakibatkan ketombe dan kerontokan rambut. 
Lihat juga : 

10. Pilih model rambut yang praktis 
Meskipun bukan merupakan sebuah keharusan, model rambut yang praktis dan cukup pendek akan sangat membantu . 
Model rambut yang panjang memang akan mengurangi sirkulasi udara, sehingga kepala akan terasa sedikit lebih panas. 
Rambut dengan panjang 60 cm sangat disarankan. Juga hindari poni, untuk menjaga daerah kulit muka sekitar dahi menjadi lebih mudah berminyak dan berjerawat. 
Sebaiknya lihat juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar