Jumat, 20 September 2013

Ayo, Kenal Lebih Dekat Dengan Lingerie


Lingerie, kalau diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia adalah “ pakaian dalam”. Dan kalau didefinisikan secara lebih detil, kurang lebih sebagai berikut : 
Lingerie adalah pakaian yang dipakai atau dikenakan di bawah pakaian lainnya, dan biasanya bersentuhan langsung dengan kulit.
Dikenakan dengan tujuan agar supaya pakaian luar tidak dikotori oleh keringat, urin, cairan alat vital, air mani, tinja, dan atau lainnya. Disamping itu juga berfungsi untuk membentuk tubuh, dan memberikan sokongan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Dan dalam cuaca yang dingin, pakaian dalam ( Lingerie ) yang panjang digunakan untuk memberikan efek kehangatan tambahan. 

Jadi, yang dimaksud sebagai Lingerie pada dasarnya adalah “semua pakaian “ atau busana yang dikenakan di bawah pakaian luar. Bukan hanya bra atau celana dalam saja. Jika menilik dari definisinya, maka Lingerie pada awalnya lebih ditujukan kepada kegunaan fungsional saja. Meski ada beberapa jenis Lingerie khusus yang digunakan dan memiliki makna keagamaan.

Lihat juga :
> Boho Chick, gaya busana yang gue banget

Namun pada perkembangan selanjutnya Lingerie justru sering dikenakan dengan dimaksudkan untuk memberikan efek erotis – khususnya untuk wanita. Sehingga pada akhirnya muncul berbagai design dan rancangan Lingerie seksi yang menonjolkan keseksian dan keerotisan ( wanita ). 

Bergesernya nilai dan norma masyarakat serta tuntutan persaingan ekonomi, membuat para industrialis semakin jeli. Maka untuk fungsi Lingerie yang dimaksudkan untuk tujuan ini, saat ini bahkan lebih marak dipublikasikan dan dipromosikan. Maka tak heran pula jika semakin banyak produk yang dipajang di toko-toko atau butik bermunculan bak jamur di musim cendawan. 
Namun hal ini sebenarnya juga memanfaatkan “kelemahan” sifat dasar wanita. 

Wanita mana “sih” yang tidak ingin tampil menawan, seksi dan erotis di mata pasangannya ? 

Berbeda dengan anggapan umum, Lingerie sebenarnya bukan hanya monopoli kaum wanita. Karena Lingerie juga berlaku bagi pria. Namun sepertinya awam sudah “terlanjur” menganggapnya demikian. Jadi sebenarnya kaos oblong atau T shirt yang dikenakan di bawah kemeja pria pada dasarnya bisa dikategorikan sebagai Lingerie juga. 

Untuk lebih jelasnya, yang dimaksud dengan Lingerie dapat di kategorikan sebagai berikut  : 

Lingerie yang bisa dikenakan baik pria atau wanita 

Dikenakan seluruh tubuh

□ Dalaman panjang ( nama lainnya : Long john, long handle ) 
Yaitu Lingerie ( pakaian dalam ) yang terdiri dari dua potong pakaian dan biasanya dikenakan pada saat cuaca dingin (Pakaian dalam thermal) .
Umumnya terdiri dari kaus lengan panjang hingga ke pergelangan tangan dan celana panjang yang mencapai pergelangan kaki. Umumnya terbuat dari bahan yang nyaman dan bagus dalam menyerap keringat, misal kain katun. 

Dikenakan hanya pada tubuh bagian atas 

□ Kaus kutang Yaitu kaus tanpa lengan dengan bahan mirip kaus T-shirt, kaus ketat dengan lubang leher dan lengan yang lebar sehingga garis leher bisa mencapai bagian tengah dada, termasuk juga A-shirt, Tank top, singlet, wife beater 

□ Kaus Yaitu pakaian yang membungkus tubuh umummya tanpa kancing, kantung, atau kerah, dapat berlengan panjang tapi umumnya berlengan pendek. Cara mengenakannya dengan memasukkan bagian atas tubuh kepala terlebih dahulu lalu ditarik ke bawah. Dalam hal ini termasuk kaus leher bundar dan kaus leher V. 

Dikenakan pada tubuh bagian bawah 

□ Bikini 
Tidak seperti anggapan umumnya, istilah bikini sebenarnya juga berlaku untuk pria. Bikini biasanya dipakai dengan karet lingkar pinggang lebih rendah dari pinggang pemakainya, biasanya di lingkar pinggul, dengan karet lingkar paha pada selangkangan. Bikini pria biasanya tidak memiliki fly. Dalam hal ini termasuk High-sided bikini underwear, Low-sided bikini underwear dan String bikini. 

□ G-string 
Satu jenis thong terdiri sepotong bahan bahan yang menutupi alat genital, lewat di antara pinggul, dan melekat di sekitar pinggul. 

□ Tanga 
Satu jenis thong yang tidak memiliki penutup di sekitar sisi selain pinggang. 

□ Thong 
Mempunyai bahan yang sempit di sepanjang pusat belakang antara bokong dan menghubungkannya dengan bagian depan. Thongs dipakai untuk mengurangi "garis tonjolan" ketika mengenakan celana yang ketat. 

Lingerie yang hanya dikenakan oleh perempuan 

Dikenakan hanya pada tubuh bagian atas 

□ Brassiere 
Umum hanya disebut dengan Bra. Biasanya terdiri dari dua “cup” untuk payudara, sebuah panel pusat, sebuah band yang mengitari sekitar bawah payudara, dan dilengkapi tali bahu pada setiap sisi. Dalam hal ini termasuk Demi bra, Padded bra, Push-up bra, Sports bra, Strapless bra, T-shirt bra

Lihat juga :
> Yang wajib diketahui wanita tentang masalah payudara 

Dikenakan pada tubuh bagian bawah 

□ Boy shorts 
Satu jenis celana dalam dengan sisi yang memanjang dan lebih rendah di pinggul, mirip dengan celana pria. Dalam hal ini termasuk Booty shorts, boyleg briefs, boy short panties, boys' cut shorts, boyshorts, shorties 

□ Knickers 
Kadang disebut Panties Biasanya memiliki pinggang elastis, melewati selangkangan untuk menutupi area genital yang biasanya dilapisi dengan bahan penyerap seperti katun, dan sepasang bukaan kaki yang juga elastis. 
 • Control panties - biasanya terbuat dari bahan elastis seperti Spandex dan meluas di atas pinggang, dirancang untuk memberikan dukungan dan menciptakan penampilan yang lebih ramping. 
• Celana dalam Hight cut 
• Hipsters - dikenakan lebih rendah dengan pinggang. 

Lingerie yang hanya dikenakan oleh laki-laki 

Dikenakan pada tubuh bagian bawah 

□ Boxer briefs Mirip dengan celana boxer tetapi umumnya lebih pendek dan bentuknya pas 
 • celana gaya boxer Athletic - mirip dengan celana pendek sepeda, 
• Celana boxer Pouch - memiliki kantong untuk alat kelamin 

 □ Boxer shorts 
Memiliki karet di dekat pinggang pemakainya, sementara bagian kaki cukup longgar dan meluas ke pertengahan paha. Dalam hal ini termsuk Knit boxers dan Woven boxers 

□ Briefs 
Memiliki pinggang berkaret dekat pinggang pemakainya, dan bagian kaki yang berakhir pada dekat pangkal paha. 
• celana Tradisional - memiliki fly berbentuk Y 
• celana Diagonal-lipatan. 
• celana double seat atau double-back. 
• Low-cut 
• celana Pouch. 

□ Jockstrap 
Terdiri dari pinggang elastis dengan kantong dukungan untuk alat kelamin dan dua tali elastis ditempelkan ke dasar kantong dan ke samping kiri dan kanan pinggang di bagian pinggul. Dalam beberapa varietas, kantong mungkin dilengkapi dengan saku .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar