Selasa, 28 Januari 2014

6 Kesalahan Dasar Dalam Berdandan Yang Perlu Diperhatikan


Beberapa orang bilang, jika cara berdandan itu gampang-gampang susah. 
Gampang, jika yang berdandan atau yang didandani tersebut adalah wanita yang kebetulan berwajah elok dan berkulit sempurna. Mau pakai apa saja pantas, itu ibaratnya. 
Susah, jika yang berdandan atau didandani adalah wanita yang kebetulan kurang berwajah cantik dengan kulit apa adanya.
Kebanyakan orang akan setuju dengan anggapan dan pendapat ini. 

Memang tidak bisa dipungkiri jika wanita yang dikaruniai wajah elok dan kulit sempurna akan lebih mudah “didandani” bila dibandingkan yang tidak. 
Namun karunia tersebut bukan sepenuhnya jaminan untuk bisa tampil menarik dan menawan. 
Sebab pada kenyataannya, begitu banyak wanita yang kebetulan dikaruniai wajah yang elok dengan kulit sempurna, ternyata justru menjadi kurang menarik ketika mereka berdandan. 
Dan faktanya pula, banyak wanita yang tidak dikarunia dengan wajah dan kulit yang sedemikian rupa, namun menjadi terlihat cantik dan begitu menarik ketika mereka telah selesai berdandan. 

Mengapa hal seperti ini bisa terjadi ? 
Sebab, mereka – istilahnya – salah dandan. 

Memang tidak ada patokan baku yang benar-benar mutlak dalam berdandan. Sebab biasanya masing-masing ahli kecantikan mempunyai metode, cara dan inovasi sendiri-sendiri. Dan juga, metode dalam berkembang selalu berkembang dari hari-ke hari. 
Dan yang paling menentukan adalah, karena setiap orang adalah unik. Selalu berbeda antara satu dengan lainnya. 
Jadi terkadang satu metode dandan mungkin akan cocok diterapkan pada seseorang. Namun belum tentu cocok jika diterapkan pada orang yang lainnya. 
Yang terpenting dalam berdandan disini adalah agar selalu melihat dan menyesuaikan dengan masing-masing orang. 

Namun demikian, tentu saja tetap ada patokan-patokan umum yang dapat dipergunakan untuk berdandan secara baik dan benar. 
Nah, agar penampilan tidak menjadi amburadul justru setelah berdandan, sebaiknya cermati 6 Kesalahan Dasar Dalam Berdandan Yang Perlu Diperhatikan berikut ini : 

Tidak mengenali dan memperhatikan jenis kulit 
Karena jenis kulit seseorang berbeda, maka selalu perhatikan ketika harus memilih kosmetik yang akan digunakan. Sebaiknya selalu pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. 
Sebagai contoh, untuk orang yang mempunyai kulit kering, kosmetik yang dipilih juga kosmetik yang khusus untuk kulit kering, begitu juga sebaliknya. Pemilihan kosmetik ini mempunyai tujuan agar penampilan menjadi optimal ketika dipakai untuk berdandan. 

Tidak tepat dalam memilih alas bedak 
Foundation atau alas bedak merupakan kosmetik “wajib” dalam berdandan. Selalu usahakan untuk memilih alas bedak yang alami. Artinya yang sesuai dengan jenis dan warna kulit. Sebagian dari kita – wanita Indonesia – masih sering tidak tepat dalam memilih alas bedak. 
Mungkin, karena ingin terlihat lebih putih, ada sebagian wanita yang lebih suka memilih alas bedak dengan warna yang terlalu muda. Akibatnya ? 
Ketika selesai berdandan, kulit wajah justru terlihat tidak alami. Seperti memakai topeng. 
Jika bingung dalam memilih alas bedak yang tepat untuk kulit anda tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan ahli kecantikan atau Costumer Service yang biasanya ada di pusat-pusat perbelanjaan. 

Tidak pas dalam memakai perona pipi 
Pemakaian perona pipi ( blush on ), meskipun terlihat sederhana tapi sangat menentukan. Pemilihan perona pipi yang pas, akan menjadikan wajah dan penampilan segar dan terlihat muda. 
Namun jika salah, justru akan menjadikan penampilan seperti orang yang habis dipukuli. 
Sama seperti dengan pemilihan alas bedak, sebaiknya gunakan warna perona pipi yang alami dengan jenis dan warna kulit. Jika masih ragu dengan warna yang akan dipilih, panduan dalam artikel ini mungkin dapat lebih membantu : Pintar Memilih Blush On Wajah Selalu ON. 

Memakai eye shadow yang tidak padu 
Memakai eye shadow yang tidak padu bisa menyebabkan wajah akan terlihat lebih tua. Meski kemasan eye shadow biasanya mempunyai banyak warna, jangan bingung. 
Coba sesuaikan saja pilihan warna eye shadow dengan warna busana yang Anda kenakan. Tetapi bila ingin tampak alami, warna-warna pastel seperti peach, atau cokelat muda bisa jadi pilihan anda. 

Salah dalam menggunakan lip liner 
Lip liner memang sering digunakan sebagai alat kosmetik untuk memanipulasi bentuk bibir. Namun bila salah dalam menggunakan lip liner bisa menyebabkan wajah terlihat tidak alami dan berlebihan. 
Jika memang belum mahir dalam memakai lip liner sebaiknya akan lebih aman jika menggunakan warna-warna lipstik saja. 
Jangan khawatir, sebab ada warna-warna lipstik yang akan dapat memberi efek tertentu pada bibir anda. Misal, efek agar bibir terlihat lebih tipis atau lebih tebal. 

Bentuk alis yang tidak sesuai 
Bulu alis terkadang membingungkan. Membiarkan tumbuh semaunya tentu saja bukan alternatif yang baik. Sebaliknya, mencukur alis sampai habis juga bukan pilihan yang tepat. 
Pilihan yang termudah adalah merapikannya dengan membuang bulu halus yang tumbuh tidak beraturan di sekitarnya tanpa merubah bentuk alis. 
 Namun, jika ingin memiliki bentuk alis yang berbeda, lebih baik dilakukan di salon yang memiliki layanan membentuk alis. Bentuk alis yang tidak tepat akan membuat wajah menjadi “lucu”. 

Dengan  memperhatikan 6 Kesalahan Dasar Dalam Berdandan Yang Perlu Diperhatikan tersebut diatas niscaya akan memperoleh hasil dandan yang optimal. Bahkan seandainya, kepepet waktunya, anda tetap bisa dandan cepat namun dengan hasil tetap memikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar